Senin, 25 April 2011

Pemasaran Politik

dosen : Eko Harry Susanto

Pemasaran politik adalah proses bagaimana orang dalam bidang komunikasi melakukan bisnis dengan politik. misalnya iklan-iklan politik, iklan layanan masyarakat.

Proses Marketing Politik :
  • melakukan riset khalayak/pemilih
  • mengembangkan strategi pemasaran politik
  • menetapkan program pemasaran politik
  • evaluasi & perbaikan model pemasaran politik
Strategi Pemasaran Politik  merupakan suatu tindakan integratif untuk mengorganisasikan pesan pesan politik  kepada khalayaksasaran konstituen.
Semua tindakan  yang mengarah pada penyampaian pesan politik, harus dilakukan oleh institusi dan individu yang kredibel di mata khalayak. Penyampaian pesan yang baik :
1. Menciptakan kreativitas pesan
2. Pesan simpel
3. Gagasan berbeda
4. Pesan efektif dan efisien
5. Melayani dengan hati
6. Mendengarkan tuntutan konstituen
7. Membangun hubungan

Dengan menjalani proses-proses ini, diharapkan penyampain pesan dalam pemasaran politik dapat diterima dan di mengerti dengan baik oleh khalayak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar