Rabu, 23 Maret 2011

Komunikasi Interaktif & Perilaku Konsumen

dosen : DR. Chairy

  • Elemen dalam komunikasi (Komunikasi Tradisional)











Model ini kurang dapat diterima karena konsumen mempunyai banyak pilihan lain dalam menggunakan media sebagai penyalur pesan dan mereka dapat mengontrol proses komunikasi. Konsumen dapat memanfaatkan penyaluran pesan melalui media cetak (koran,majalah), media elektronik (televisi,radio,internet).

Peran:
1. Sumber. Sumber atau pengirim pesan memainkan peran penting dalam mempersuasi konsumen. Sumber bisa dari orang yang ahli di bidangnya (Chef, ahli kesehatan, Stylist), selebriti, konsumen yang cocok.
Tapi terkadang menggunakan selebriti sebagai sumber dapat menimbulkan bias, misalnya Britney Spears mengiklankan brand Coca Cola, tapi dalam kesehariannya dia biasa minum Pepsi dan diketahui sama publik, maka brand Pepsi akan lebih dikenal karena publik melihat sendiri juga karena adanya nilai gengsi jika minum produk yang sama dengan selebriti.
Sumber merasa memiliki nilai sosial. "Apa yang indah itu adalah yang baik", jadi pesan itu stereotype.
2. Pesan. Pesan lebih baik menggunakan gambar dan kata.
Di dalam pesan ada pesan yang bersifat emosional, daya tarik yang masuk akal, daya tarik seksual.

Dalam kaitan nya dengan iklan, produk yang diiklankan lah yang berharga mahal. Konsumen tertarik dengan produk dengan iklan yang menarik, kreatif. Dengan adanya iklan-iklan dengan produk baru membuat konsumen tertarik dan ingin membeli produk tersebut karena ada nilai gengsi juga. Misalnya konsumen membeli televisi flat baru walaupun televisi lama nya belum rusak itu karena sekarang sedang tren nya televisi flat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar